HMTPL POLMAN

polman

Himpunan Mahasiswa Teknik Pengecoran Logam adalah salah satu himpunan mahasiswa jurusan yang ada di Politeknik Manufaktur Negeri Bandung. Organisasi ini didirikan pada tahun ajaran 1997/1998. Sempat berganti nama menjadi Himpunan Mahasiswa Pengecoran Logam lalu kembali lagi ke nama asalnya yaitu Himpunan Mahasiswa Teknik Pengecoran Logam.

VISI HMTPL:

HMTPL memiliki visi untuk mampu menghimpun anggota dalam semangat kekeluargaan untuk menciptakan mahasiswa yang berkarakter, bertanggung jawab, berani, dan dapat berpikir berdasarkan nalar dan rasionalisme serta menjadikan mahasiswa yang berperan aktif sebagai agen perubahan bangsa.

MISI HMTPL:

– Menjadi wadah komunikasi dan tempat bertukar pikiran bagi setiap anggota

– Bersinergi dengan himpunan lain di dalam polman

– Menjalin hubungan dengan organisasi luar polman

– Bekerja sama dengan alumni untuk meningkatkan kualitas lulusan

– Ikut mengkritik dan terlibat dalam isu-isu nasionalis yang ada.

PROKER BESAR HMTPL:

  1. PELANTIKAN  JAHIM FOUNDRY

Pelantikan jahim ini adalah kegiatan yang rutin dilakukan himpunan tiap tahun oleh himpunan  mahasiswa teknik pengecoran logam (HMTPL) polman bandung untuk mendapatkan jaket himpunan foundry yang keren, kece, dan mantap. Acara ini dilaksanakan pada hari sabtu, 14 february 2014 di kawasan wisata nyawang Bandung dengan partisipan seluruh anggota muda yang aktif dan antusias serta ditemani panitia pengurus HMTPL dan alumni yang gagah berani (cieeeee). Walaupun terlihat lelah  namun acara ini bernilai penting untuk kebersamaan himpunan dan pengalaman yang ga ada duanya pokonya mah karena memang kalo ga sekarang ya kapan lagi kita dapat berjuang mendapatkan jaket himpunan yang menjadi cirinya mahasiswa foundry

       2. MENUMBUK CERIA

HMTPL mencatat untuk kedua kalinya mengadakan lomba yang memiliki sejarah baru dengan mengadakan kompetisi pertama yang pernah ada di dunia (cieee…). Kompetisi ini adalah menumbuk ceria. Peraturannya cukup sederhana, peserta hanya diwajibkan untuk menumbuk dan ceria, yaudah. Kompetisi ini menuntut kelayak coran cetakan, kecepatan dan kebersihan kerja, dan keceriaan para peserta tentunya, maka dari itu perlombaan ini hanya dapat di ikuti oleh mahasiswa jurusan AE, DE, dan ME. Ga fair dong kalo mahasiswa FE ikutan lomba numbuk hehehe. Cara mereka memadatkan cetakan sangat variatif, ada yang pake kaki, didudukin, bahkan dipukulin. Tapi mereka semua sangat ceria karena baru merasakan menumbuk J J. Beberapa peserta sempat berfoto *selfie dengan cetakan yang baru aja dibuatnya.

      3. PESTA OLAHRAGA FOUNDRY

POR foundry merupkan proker dari divisi olahraga HMTPL. Kegiatan ini adalah proker rutin tahunan, dimana tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk menghimpun semua himpunan mahasiswa untuk bersilaturahmi dengan berpartisipasi dalam lomba cabang olahraga yang ada didalamnya, cabang olahraga pada POR foundry ini antara lain mini soccer, basket, voli dan tenis meja, . Kegiatan dalam lingkup kampus satu ini memang penuh dengan drama dan ketegangan , agar dapat terkendali maka pembukaan POR kali ini kami memastikan dapat mengundang tiap elemen mahasiswa bahkan pihak terkait yang berkewajiban hadir, maka  permbukaan ini dihadiri oleh WD3 berserta perwakilan jurusan, BEM-KM dan ketua himpunan, sehingga dengan ramainya peserta pembukaan kami tidak segan mengundang adik kami dari SMA 19 untuk mencairkan suasana kering  yang terjadi di polmanJ..tetap jaga sportifitas!

      4. DESEMBERAN

Dengan begitu banyak cerita kesuksesan para alumni, betapa sadar dan mengertinya kita bahwa perlu adanya momen dimana kita dapat bertemu, bertatap muka, bertegur sapa, tertawa lepas, berteriak keras, bertukar informasi, dan saling memotivasi juga menjaga ikatan antara alumni dengan alumni, alumni dengan mahasiswa, dan alumni dengan keluarga besar pengecoran logam lainnya.  Ketika rekan kita di jurusan lain belum tersadar akan hal tersebut, para pendahulu kita dari Himpunan Mahasiswa Teknik Pengecoran Logam (HMTPL) menjadi pioneer dan pelopor terciptanya  acara temu kangen alumni atau yang kita sebut sarasehan pada periode 1990an. SARASEHAN PENGECORAN LOGAM POLMAN BANDUNG telah berulang kali diadakan, telah banyak cerita indah dan kebanggan dari kita anggota HMTPL ketika mengadakannya. Bukan hanya karena kita lah yang satu-satu nya konsisten mengadakan acara ini, meskipun sejujurnya kita turut bahagia pula ketika rekan kita di Polman bandung mampu mengadakannya. Tapi karena begitu antusiasnya para Alumni berpartisipasi dalam menyukseskan acara ini baik itu kehadiran, bantuan dana, motivasi hingga mempublikasikan acara ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *