IMMt FTUI

logo-metal

Sejarah Lembaga dan Deskripsi Lembaga

Departemen Teknik Metalurgi dan Material merupakan salah satu dari tujuh departemen yang ada di Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Pada tahun 2015 ini, tepat setengah abad departemen ini berdiri (tahun 1965). Visi departemen ini adalah “Menjadi pusat unggulan dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat di bidang ilmu teknik metalurgi dan material”. 3 elemen penopang utama departemen ini adalah mahasiswa, dosen / karyawan, dan alumni. Alumni yang memiliki wadah yaitu Ikatan Alumni Metalurgi (Ilumet), dan unsur mahasiswa yang dinaungi oleh Ikatan Mahasiswa Metalurgi dan Material (IMMt).

IMMt FTUI didirikan bersamaan dengan berdirinya IKM FTUI, yaitu pada tanggal 15 September 1971 di Tugu, Puncak, Jawa Barat. Berdirinya beberapa lembaga kemahasiswaan di bawah naungan IKM FTUI pada saat itu merupakan wadah awal perjuangan bersama mahasiswa Teknik Universitas Indonesia. IMMt FTUI sendiri pun terus berbenah sejak tahun 1971 hingga kini menjadi salah satu lembaga yang kuat dan utuh di IKM FTUI. Orientasi kami menjalankan lembaga ini adalah bagaimana bisa mencetak sarjana Teknik Metalurgi dan Material yang unggul dalam hard-skill dan soft-skill nya, yang mana mekanisme memproses input hingga menjadi output tersebut diterapkan dalam pembinaan yang ada di bawah naungan lembaga ini.

Tahun ini IMMt FTUI memiliki 10 bidang yang masing – masing bidang memiliki kepala dan wakil kepala bidang. Bidang tersebut antara lain Administrasi Lembaga, Kebendaharaan, Penelitian dan Pengembangan, Hubungan Masyarakat, Sosial Masyarakat, Kemahasiswaan, Pendidikan, IPTEK, Minat Olahraga dan Seni, dan Rohani Islam Metalurgi.

Program Kerja Besar

Untuk tahun 2016 ini, IMMt FTUI memiliki program kerja terbesar yaitu Metallurgy and Materials Week 2016 (The MnMs Week 2016). IMMt FTUI juga memiliki program kerja lain yang mengarah pada persiapan pasca kampus mahasiswa,  pengembangan minat dan bakat mahasiswa khususnya pada bidang seni dan olahraga, pengembangan akademik, keilmuan keteknikan, kewirausahaan, sosial, dan lain sebagainya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *